Desa Sambirejo menjadi salah satu desa percontohan awal program Smart Village Nusantara dan sejak 2020 silam menggunakan Simpeldesa. Dulunya, desa ini terkenal miskin sebelum menjelma sebagai desa wisata dan mendulang berbagai penghargaan dengan memaksimalkan pengembangan wisata dan memanfaatkan teknologi digital. Dari PADes hanya di angka 10 juta/tahun, menjadi desa dengan miliyaran dari pengelolaan wisata.

Desa Sambirejo tercatat sebagai desa miskin pada 2010. Kerja keras dan kekompakan pemerintah desa bersama masyarakat menjadi kunci kebangkitan Desa Sambirejo hingga semakin maju dan mandiri seperti sekarang. Desa Sambirejo mengubah keterbatasan menjadi prestasi. Kawasan peninggalan sejarah purbakala seperti Candi Ijo, Candi Barong, Sumur Bandung, hingga Tebing Breksi membuat transformasi desa berlangsung signifikan dengan pengelolaan yang tepat. Pada 2019, Desa Sambirejo meraih juara III kategori desa maju dalam lomba Desa Wisata Nusantara 2019 Kemendes PDTT RI.

Simpeldesa hadir di Desa Sambirejo sejak 2020. Dampak terbesar dirasakan dalam bidang ekonomi dengan berbagai pemanfaatan fitur Smart Economy untuk mengakses pasar digital dan memonetisasi transaksi kebutuhan warga sehari-hari. Omzet BUMDes Sambimulyo mencapai puluhan juta melebihi PADes pada tahun 2000-an ketika hanya mencapai kisaran angka 10 juta per tahunnya. Peningkatan juga terasa dalam aspek pelayanan yang menjadi lebih efisien dan efektif.

Sekitar 30 menit dari pusat kota Tulungagung, Desa Kendalbulur tumbuh menjadi desa digital dengan total penduduk 3.976 jiwa. Dengan topografi dataran rendah, potensi Desa Kendalbulur terdiri atas pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Pertanian menjadi sektor unggulan dengan dukungan lahan produktif seluas 44 hektar dan sarana irigasi yang pengairannya berasal dari Sungai Brantas. 

Nangkula Park Desa Kendalbulur hadir di tengah keterbatasan saat pandemi COVID-19. Nangkula Park menjadi salah satu wisata desa yang dikelola langsung oleh BUMDes Larasari yang berdiri di atas tanah desa seluas 1,3 Ha. Kawasan tersebut merupakan perwujudan atas RPJM Desa Kendalbulur tahun 2019-2025 guna menyediakan tempat rekreasi keluarga yang edukatif. Nangkula Park mengusung tema taman berbunga yang didominasi oleh taman bunga Celosia dan menghadirkan suasana tempoe doeloe dengan berbagai ornamen gebyok, luku, balai limas, serta wisata edukasi minapadi yang terbuka untuk masyarakat umum.

Adapun sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Desa Cibiru Wetan sebagai berikut :

1. Juara 1 Desa Brilian oleh BRI.
2. 5 Besar Desa Wisata Award oleh BCA Tahun 2021.
3. 5 Besar Anugerah Desa Wisata Nusantara Kategori Desa Maju 2021.

4. Juara 1 Pengelolaan UMKM Terbaik oleh IRE Yogyakarta Tahun 2020.

5. 50 Besar Desa Wisata Terbaik Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2019 Kemenparekraf RI.
6. Juara 3 kategori Desa Maju dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 Kemendes PDTT RI.