Provinsi Jawa Barat,  khususnya wilayah  Bandung diproyeksikan  sebagai barometer  digitalisasi desa berkat  kekayaan potensi yang  dimiliki. Desa Cibiru  Wetan yang terletak di  Kecamatan Cileunyi,  Kabupaten Bandung  merupakan salah satu di  antara ribuan desa lainnya  di Jawa Barat yang sukses  bertransformasi menjadi  desa digital dengan tetap  mengakar pada ciri khas  dan kebudayaan setempat.

Desa yang menjadi tempat tinggal dari  total 18.000 penduduk yang tersebar di  wilayah seluas 325.001 hektar. Desa  Cibiru Wetan dengan segudang potensi  alamnya dimanfaatkan secara maksimal  dan menjadi mata pencaharian mayoritas  warga yang hidup di sana. Misalkan di  Dusun Satu, RW 01, RW 02, dan RW 17  didominasi oleh warga yang berprofesi  sebagai peternak sapi perah dan sapi  pedaging. Selain itu, mayoritas warga  Desa Cibiru Wetan juga membudidayakan  buah-buahan dan hasil pangan dari lahan  pertanian dengan kualitas unggulan.

Desa Cibiru Wetan yang dipimpin oleh Kepala Desa Hadian  Supriatna berkomitmen untuk tumbuh menjadi desa mandiri dan  maju melalui pemanfaatan teknologi digital. Tata kelola  pemerintah, interaksi dengan warga, dan perekonomian desa  menjadi lebih aktif dan meningkat sejak mengadopsi sistem digital  yang didukung oleh Simpeldesa & Smart Village Nusantara.